Makalah Tanaman Padi

BUDIDAYA TANAMAN
PADI

Disusun Oleh :
Moch. Alif Zhakki Ghufron
120321100111

A. LATAR BELAKANG
Manusia adalah makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT. yang memerlukan makan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti yang diketahui saat ini banyak orang yang mati, karena kelaparan. Kejadian itu sering terjadi, terutama di Indonesia yang disebabkan karena kemalasan mereka untuk bekerja dan juga kurang pedulinya pemerintah terhadap rakyat-rakyat kecil.
Manusia memerlukan kebutuhan makanan pokok, yang mana di setiap suatu negara memiliki makanan pokok yang berbeda-beda. Tetapi yang makanan pokok yang cukup terkenal adalah beras atau nasi. Dan sebagian besar penduduk Indonesia makanan pokoknya adalah nasi. Yang mana awalnya nasi atau beras itu berasal suatu tumbuhan padi seperti rumput-rumputan, yang banyak ditanam dan dibudidayakan di negara kita tercinta yaitu negara Indonesia.
Sebelum manusia mengenal nasi, terutama di negara Indonesia ini, makanan pokoknya adalah jagung, ketela, dan sagu. Untuk sagu itu yang paling banyak dibudidayakan di Papua, karena sagu sebagai makanan pokok orang Papua sampai pada saat ini.
Nasi adalah makanan pokok yang mudah dinikmati oleh siapapun, bukan hanya nikmat, tetapi nasi mengandung berbagai zat makanan yang dipelukan oleh tubuh kita, yaitu karbohidrat,protein, lemak, serat kasar, abu, dan vitamin. Sehingga dapat membuat tubuh atau badan kita sehat. Dan jika ingin lebih nikmat lagi, nasi dapat dicampur dengan lauk-pauk seperti ikan, daging, tempe, dan sayur- sayuran seperti bayam, wortel, dan lain-lain.

B. PERMASALAHAN
Tanaman padi adalah tanaman yang harus dirawat dan dibudidayakan, karena padi itu suatu kebutuhan manusia setiap saat, khususnya di Indonesia. Penanaman padi itu bukan hanya sekedar ditanam seenaknya, tetapi kita harus memperhatikan aspek-aspek dari segi tanah, apakah tanah tersebut sudah cocok untuk menanam padi atau tidak. Seperti yang kita ketahui, tanah berperan penting dalam kehidupan manusia, seperti perluasan kota, usaha pertanian, dan lain sebagainya.
Tanah yang digunakan untuk usaha pertanian memiliki luas yang relatif konstan, tetapi jumlah penduduknya yang semakin bertambah sehingga dapat menyebabkan penyempitan luas tanah. Akan tetapi kebutuhan pokok selalu diperlukan setiap saat.
Indonesia adalah negara agraris, yang mana sebagian besar penduduk Indonesia bertempat tinggal di pedesaan. Kebanyakan dari mereka itu bermata pencaharian usaha pertanian. Tetapi usaha mereka mengalami banyak faktor yang menghambat untuk mengembangkan produksi padi. Terutama faktor luas tanah yang semakin sempit, karena semakin banyaknya penduduk.
Ada perbedaan yang mencolok antara beras petani dan harga eceran yang di pasarkan, yang terjadi pada akhir-akhir ini cenderung menyebabkan masyarakat resah. Harga tebus BULOG kepada KUD tercatat Rp 1.660 per kilogram yang disesuaikan dengan harga gabah terbaru, sementara harga rata-rata beras di beberapa kota besar berkisar antara Rp 4.000 – 5.000 perkilogram. Angka perbedaan yang sekitar Rp 2.500 ini mungkin merupakan angka tertinggi yang pernah tercatat dalam perjalanan sejarah ekonomi perbesaran di Indonesia.
Dan juga tercatat sangat tinggi laju kenaikan harga beras di tingkat konsumen yang merupakan konstributor utama dari laju inflasi yang terjadi pada bulan Agustus tahun 1998, yaitu mencapai 6,3 persen. Laju kumulatif inflasi Januari-Agustus 1998 telah mencapai 69,12 persen, sehingga prediksi awal laju inflasi tahunan sebesar 80 persen pasti terlampaui. Tingginya kenaikan harga beras ini akan terasa sebagian besar konsumen Indonesia, karena daya beli masyarakat turun drastis.

C. PEMBAHASAN
Padi adalah makanan pokok yang menghasilkan beras atau nasi. Yang mana makanan pokok ini adalah makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Padi adalah salah satu makanan yang mengandung gizi dan membuat tubuh kita bertenaga. Sehingga tubuh kita menjadi kuat untuk melakukan aktvitas sehari-hari. Padi juga mengandung zat makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh kita, yaitu karbohidrat, protein, lemak, serat kasar, abu, dan vitamin.
Mengenai tanah yang digunakan untuk usaha pertanian, pemerintah bisa membantu para petani untuk memperluas tanah, sehingga meskipun penduduknya semakin bertambah tanah yang digunakan masih cukup luas.
Kita harus benar-benar menjaga tanaman padi agar tetap di budidayakan dan dilestarikan terutama di negara kita tercinta, negara Indonesia. Dan kepada pemerintah dimohon untuk membuat program lagi, yang bisa membantu para petani untuk mengembangkan usaha pertanian, terutama dalam membudidayakan tanaman padi.
Beras atau nasi merupakan kebutuhan pokok masyarakat, terutama di Indonesia karena sebagian besar dari mereka adalah petani. Pada akhir- akhir ini para masyarakat sangat resah mendengar berita tentang kenaikan harga beras yang cukup tinggi.
Untuk itu, pemerintah bisa peduli kepada para petani dan rakyat-rakyat kecil yang kondisinya cukup memprihatinkan dengan cara menurunkan harga makanan pokok, yaitu beras atau nasi.

D. PENUTUP
a. Simpulan
Beras atau nasi adalah makanan pokok manusia setiap saat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Nasi adalah makanan pokok yang mengandung berbagai zat makanan yang dipelukan oleh tubuh kita, yaitu karbohidrat,protein, lemak, serat kasar, abu, dan vitamin. Sehingga dapat membuat tubuh atau badan kita menjadi sehat.
Lalu mengenai luas tanah yang digunakan untuk usaha pertanian semakin sempit, karena jumlah penduduknya semakin bertmabah. Dan juga yang dirasakan masyarakat saat ini, tentang kenaikan harga beras yang cukup tinggi. Sehingga daya beli masyakat menjadi turun drastis.

b. Saran
1. Diharapkan kepada pemerintah untuk lebih serius dalam mengembangkan dunia pertanian terutama pada tanaman padi agar lebih baik lagi untuk ke depannya.
2. Dan semoga pemerintah bisa lebih peduli lagi kepada rakyat kecil terutama para petani.

E. DAFTAR PUSTAKA
1. AAK, Budidaya Tanaman Padi, Aksi Agraris Kanisius, Yayasan Kanisius Yogyakarta, 1973.
2. Arifin, Bustanul. 1997. “Penurunan Konstribusi Sektor Pertanian”. Bisnis Indonesia, 25 Maret 1997.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s